Pages

Rabu, 02 Oktober 2013

Teknik Keselamatan dalam Mengendarai Sepeda Motor

Sebagian besar pengemudi kurang memperhatikan posisi mereka saat mengemudi, padahal hal ini sangat penting karena posisi mengemudi dapat mempengaruhi keseimbangan, kenyamanan dan keselamatan pengemudi dalam mengemudi. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi, seperti posisi mengemudi ( Safety Reading ) yaitu :
1. Pandangan Mata
    Pandangan yang baik adalah pandangan mata jauh ke depan agar bisa melihat jalan secara luas dan hindari melihat jarak pendek.
2. Pundak
    Posisi pundak yang baik adalah pundak harus santai atau rileks.
3. Siku
    Posisi siku yang baik adalah posisi siku sedikit menekuk sekitar 135 derajat, dan rileks.
4. Posisi Tangan
     Pastikan posisi tangan harus memegang rem tangan atau bagian tengah dari gas tangan, agar anda lebih mudah untuk mengoperasikan hendle rem atau kopling dan saklar. selain itu, juga memberikan efek yang lebih stabil dan meredam guncangan yang terjadi pada bahu saat melewati jalan yang kurang bagus.
5. Posisi Duduk / Pinggul
    Posisi duduk yang baik adalah duduk pada posisi dimana anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.
6. Posisi Lutut
    Posisi lutut pada saat di atas motor yang benar adalah paha bagian dalam menjepit jok. Dengan begitu, kendaraan akan menjadi lebih stabil saat dijalankan, baik saat jalan lurus maupun tikungan. jika posisi duduk dengan kaki melebar, maka sangat berbahaya karena bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan.
7. Letak dan Posisi Kaki
    Letak dan posisi kaki yang baik adalah kaki kanan berada pada tuas rem belakang sebelum kendaraan dijalankan maupun pada saat berhenti. Guna mengurangi resiko di jalan.

pastikan saat menemudi posisi tubuh anda sudah benar !

Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan.. amiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About