Pages

Jumat, 27 September 2013

FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA


Jumlah penduduk Indonesia yang tiap tahun terus meningkat, sehingga meningkat pula kebutuhan masyarakat dan jumlah kendaraan yang mengakibatkan tingginya resiko angka kecelakaan. Setiap mendengar berita kecelakaan, pasti salah satu hal yang langsung keluar dibenak kita adalah apa penyebab kecelakaan itu. perlu kita ketahui pada dasarnya ada dua hal yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, yaitu : kondisi yang tidak aman bagi pengguna jalan atau Unsafe Condition dan perilaku manusia yang berisiko terjadinya kecelakaan atau Unsafe action / at risk behavior, yaitu: 
1.   Faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh Unsafe Conditon yaitu:
   a. Desain geometrik jalan, perlengkapan jalan, dan fasilitas pendukung jalan yang tidak sesuai standart   keselamatan,
    b. Kendaraan yang sudah tidak laik jalan, tetapi masih beroperasi
    c. Desain kendaraan yang tidak ergonomis dapat menyebabkan kelelahan pada pengemudi,
    d.  Desain kendaraan yang tidak menyediakan alat pelindung diri yang sesuai standar keselamatan,
    e.  Kebisingan di jalan raya yang dapat mengganggu konsentarasi pengemudi.
2.   Faktor kecelakaan yang disebabkan oleh Unsafe Behavior yaitu :
    a.    Pengemudi yang tidak disiplin dengan aturan lalu lintas,
    b.    Pengemudi yang tidak memiliki skill dalam mengemudi,
    c.    Pengemudi yang tidak menggunakan alat pelindung diri seperti helm dan sabuk pengaman,
    d.    Pengemudi yang menggunakan HP saat mengemudi
Sedangkan faktor - faktor penyebab terjadinya kecelakaan berdasarkan UU no.22 tahun 2009  yaitu:
    1. Faktor manusia yang menjadi kontributor terbesar utama penyebab kecelakaan di moda transportasi
    2. Sarana atau kondisi dari angkutan itu sendiri,
    3. Prasarana atau kondisi jalan dan
    4. Faktor lingkungan
dari 4 faktor tersebut, nomor 1 dapat digolongkan sebagai Unsafe Action / At risk Behavior, sedangkan faktor nomor 2,3,dan 4 digolongkan sebagai Unsafe Condition.
Jika kita lihat dari trend sekarang, pada umumnya orang berfikir bahwa manusialah atau unsafe behavior lah yang menjadi penyebab kecelekaan. Hal ini tidak salah serta, didukung oleh banyak data yang memperkuat bahwa prilaku manusia menjadi penyebab utama terjadinya kkecelakaan. Berdasarkan data yang diperoleh :
menurut penelitian Cooper : Bahwa 80% - 95% dari seluruh kecelakaan kerja yang terjadi disebabkan oleh unsafe behavior.
Hasil Riset NCS ( Nasional Safety Council ) US : menjelaskan bahwa penyebab kecelakaan kerja 88% adalah adanya unsafe behavior, 10% karena unsafe condition, dan 2% tidak diketahui penyebabbya.
Penelitian Dupont Company : kecelakaan kerja 96% disebabkan oleh unsafe behavior dan 4% disebabkan oleh unsafe conditon.
Dan data-data di atas memang benar adanya. Semua data ini menunjukkan bahwa manusia lah penyebab masalah keselamatan mereka sendiri. contohnya saja,Banyak kecelakaan bus terjadi karena sopir yang kelelahan dan mengantuk karena kurang tidur. Namun apakah bijak dan akurat jika langsung menyalahkan manusia? jika sopir tersebut kurang tidur karena semalam begadang nonton film atau bola mungkin memang bisa dikatakan bahwa itu disebabkan oleh unsafe behavior, tapi jika ternyata semalam dia begadang karena harus memperbaiki bus, mungkin sistem kerja di perusahaan transportasi bus itu yang harus diperbaiki, hal ini lebih merupakan unsafe condition.
        Dapat disimpulkan bahwa mayoritas kecelakaan terjadi karena perilaku manusia atau at risk behavior. Namun sebenarnya akan lebih bijak jika kita juga menelusuri hal apa yang menyebabkan at risk behavior itu terjadi, jangan langsung menyalahkan manusia yang melakukan at risk behavior tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About